Food, Viral  

Resep Goreng Peyek Kacang Ijo yang Renyah

Tips-pesep-goreng-peyek-kacang-ijo-yang-gurih-dan-renyah
Tips-pesep-goreng-peyek-kacang-ijo-yang-gurih-dan-renyah

Cocotsempal.com – Tips Resep Goreng Peyek Kacang Ijo yang Renyah, Gurih dan Tahan Lama. makanan Cemilan Peyek Kacang Hijau memang Salah satu Cemilan Khas Tradisional Indonesia Khusunya di Pulau Jawa Tengah yang sangat di gemari oleh banyak Orang dan Menjadi salah Satu Kripik dan Cemilan di saat Lebaran.

Bunda Sekalian Tahu dan Ingin Belajar Seputar Resep Mengoreng Peyek Kacang Ijo “Tumpi” yang Renyah dan Gurih mungkin tips Inara kali ini bisa menjadi Alternatif bagus buat bunda belajar membuat Kripik Tumpi atau Peyek Kacang Ijo yang Renyah, gurih dan tahan Lama buat Konsumsi sendiri ataupun untuk Usaha Jualan Peyek Tumpi kacang Ijo di Rumah.

Berikut Tips dan tutorial Resep dan Cara Mengoreng Peyek Kacnag Ijo yang Renyah dan Gurih untuk rekomendasi Bunda sekalian yang ingin Bikin Peyek Tumpi atau Peyek Kacang Ijo yang renyah dan Gurih.

Tips Resep Goreng Peyek Kacang Ijo yang Renyah

Tips-pesep-goreng-peyek-kacang-ijo-yang-gurih-dan-renyah
Tips-pesep-goreng-peyek-kacang-ijo-yang-gurih-dan-renyah

Bahan Untuk Membuat Peyek Kacang Ijo Super yang Gurih dan Renyah:

  • 250 gram kacang hijau, direndam semalam dan dibuang kulitnya
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 gram tepung beras
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Tips Cara Membuat Peyek Kacang Hijau Sederhana:

Langkah Langkah membuat dan Mengoreng Peyek Kacang Ijo “Tumpi”:

  • Pertama, Haluskan terlebih dahulu kacang hijau yang sudah direndam dan dikeringkan dengan blender atau food processor. Pastikan kacang hijau menjadi halus, tetapi tidak terlalu halus sehingga tekstur peyek tetap terjaga.
  • Lalu silahkan, Campurkan Bahan kacang hijau yang sudah terlebih dahulu dihaluskan tadi dengan tepung beras, tepung terigu, garam, merica bubuk, serta ketumbar bubuk. Lalu silahkan bunda Aduk rata Sampai semua bahan rempeyek kacang ijo ini tercampur dengan baik.
  • Tambahkan telur kocok ke dalam adonan tersebut dan uleni Sampai semua bahan rempeyek kacang ijo ini tercampur secara merata sampai adonan menjadi kalis.
  • Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar bahan-bahannya dapat saling menyatu dengan baik.
  • Lalu Panaskan minyak goreng yang sudah bunda seiapkan dalam wajan dengan api sedang.
  • Ambil sejumput adonan memakai sendok makan lalu letakkan perlahan di atas minyak panas. Tekan adonan peyek tersebut dengan menggunakan belakang sendok bisa juga menggunakan spatula agar membentuk peyek yang lebih tipis dan renyah.
  • Goreng peyek kacang ijo ini hingga berwarna kecokelatan dan kering. lalu bisa bunda Angkat dan tiriskan.
  • Ulangi proses yang sama hingga adonan kacang ijo Bunda habis.
  • Setelah peyek Kacang Ijo mulai dingin, simpan dalam wadah yang kedap udara Supaya tetap gurih dan renyah.

Fungsi Bahan Telur untuk pembuatan Cemilan Peyek Kacang Ijo:

Telur berperan penting dalam pembuatan cemilan peyek kacang ijo yang renyah ini. Telur digunakan sebagai bahan pengikat adonan sehingga peyek dapat terbentuk dengan lebih baik lagi dan tidak mudah hancur saat digoreng. Selain itu, telur juga memberikan kelembutan pada tekstur peyek Goreng yang gurih dan lebih renyah.

Info Menarik Lainnya seputar Gorengan: Cara Masak Daging Kambing Goreng Kecap Pedas | Goreng Tempe Renyah dan Gurih | Cara Goreng Tumpi yang Renyah dan Crispy

Hal yang Bikin Gorengan Peyek Kacang Ijo Menjadi Keras:

Untuk mendapatkan peyek kacang ijo yang keras, Bunda Sekalian dapat mengurangi jumlah air dalam setiap adonan atau memperpanjang waktu pengeringan peyek sebelum digoreng.

Pengeringan yang cukup akan membuat Tekstur peyek menjadi keras tapi bisa lebih tahan lama.

Fungsi Santan dalam pembuatan Peyek Kacang Ijo:

Santan digunakan dalam Membuat adonan peyek kacang ijo, Tujuannya untuk memberikan rasa gurih yang khas.

Santan juga membantu adonan menjadi lebih kental sehingga peyek dapat terbentuk dengan baik saat digoreng.

Lihat Juga postingan Menarik seputar Masakan Lainnya: 9 Tips Goreng Tempe yang Renyah dan Gurih | Tips Bikin Kue Ulang Tahun Tayo Buttercream

Cara Merendam Kacang Hijau untuk Peyek supaya Renyah:

Sebelum mengolah kacang hijau menjadi peyek, rendam kacang hijau dalam air selama semalam. Hal ini akan membantu kacang hijau menjadi lebih empuk dan mudah digoreng.

Setelah direndam, keringkan kacang hijau dengan menggunakan kain bersih atau handuk agar kadar airnya berkurang sehingga hasil peyek menjadi lebih renyah.

Resep Baru Rempeyek Kacang Ijo Tanpa Telur:

Jika Bunda Sekalian ingin membuat peyek kacang ijo gurih tanpa telur, Bunda Sekalian dapat menggantinya dengan memakai air es.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan air es dapat mempengaruhi tekstur dan kelembutan peyek kacang ijo yang dihasilkan.

Tips Bikin Peyek Kacang Hijau Tanpa Santan dan Telur yang Gurih:

Jika Bunda Sekalian tidak ingin Memakai santan dan telur dalam resep peyek kacang ijo, Bunda Sekalian dapat menggantinya dengan air biasa.

Meskipun hasilnya mungkin sedikit berbeda dari peyek yang Memakai santan dan telur, tetapi peyek tetap akan tetap gurih dan enak untuk dinikmati.

Kesimpulan Resep dan Cara Mengoreng Peyek Kacang Ijo yang Super Gurih, Renyah, dan Tahan Lama:

Dengan mengikuti tips dan resep Inara di atas, Bunda Sekalian dapat membuat Gorengan peyek kacang ijo yang super gurih, renyah, serta tahan lama di rumah.

Jangan Lupa, Rendam kacang hijau semalaman, keringkan dengan baik, dan ikuti langkah-langkah inara dalam membuat adonan untuk menggoreng peyek kacang ijo dengan benar.

Jangan lupa juga untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas dan minyak yang cukup dalam proses penggorengan. Dengan sedikit kesabaran dan ketelitian, Bunda Sekalian akan mendapatkan peyek kacang ijo yang lezat dan dapat dinikmati sebagai camilan favorit keluarga. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)