Cara Melindungi Data Privasi HP Smartphone dari Hacker

Cara-melindungi-data-privasi-hp-smartphone-dari-hacker
Cara-melindungi-data-privasi-hp-smartphone-dari-hacker

Cara Mudah Melindungi Data Privasi dari Hacker – Dengan kecanggihan teknologi pada saat ini, semua orang bisa mengakses informasi secara cepat dan akurat. Berbagai kegiatan bisa dilakukan melalui smartphone yang ada dalam genggaman masing-masing. Kegiatan seperti belanja, berkirim kabar dengan teman lama, serta memperoleh informasi tentang sesuatu bisa kita lakukan dengan smartphone miliki kita sendiri. Lalu, apakah ada jaminan data privasi smartphone kita aman?, bagaimana cara melindungi data privasi smartphone milik kita sendiri?

Melindungi Data Privasi di Smartphone

Tidak bisa dipungkiri seiring dengan kecanggihan teknologi yang semakin baik, kejahatan maya pun semakin merajalela. Kejahatan di dunia maya memang sangat merugikan bagi kita yang sehari-hari menggunakan smartphone dan selalu terhubung dengan internet. Data privasi kita pun jadi hal yang sangat penting untuk dilindungi, maka dari itu perlu cara melindungi data privasi smartphone yang paling tepat dan ampuh. Simak beberapa tips di bawah ini untuk melindungi data privasi Anda.

1. Melindungi Data Privasi dengan Kunci Pola atau PIN

Cara melindungi data privasi smartphone yang pertama adalah membuat kunci pola atau PIN pada aplikasi smartphone Anda. Cara ini terbilang sangat mudah, sebab setiap smartphone sudah memiliki fitur ini secara otomatis. Anda hanya perlu membuat kunci pola atau PIN yang mudah kalian hafal, serta tidak mudah ditebak oleh orang lain.

2. Mengakses Situs Terpercaya

Entah kalian ingin mendownload aplikasi atau ingin berbelanja online, selalu ingat, jangan mengakses situs abal-abal yang tidak jelas. Situs tersebut bisa saja memiliki malware untuk mengakses data pribadi dalam smartphone Anda.

3. Backup Data Privasi Anda

Beckup data adalah salah satu langkah ampuh untuk melindungi data privasi Anda. Beckup data bertujuan melindungi data privasi Anda serta memulihkan data yang hilang ketika smartphone mengalami masalah. Tak jarang smartphone mengalami masalah sehingga mengakibatkan sebagian bahkan semua data pada smartphone Anda.

4. Matikan Wifi dan Bluetooth

Cara selanjutnya adalah tidak membiarkan Wifi dan Bluetooth terlalu lama. Jika telah selesai menggunakan Wafi atau Bluetooth, sebaiknya segera Anda matikan. Sebab melalui dua portal inilah hacker bisa leluasa masuk dan mengambil data privasi yang ada dalam smartphone Anda.

Itulah beberapa tips cerdik yang bisa diterapkan, untuk mengamankan data privasi smartphone Anda. Jangan biarkan orang-orang tidak bertanggung jawab menggunakan data privasi Anda untuk melakukan kejahatan di dunia maya. Lindungi data Anda dengan cara melindungi data privasi smartphone di atas, sebagai tindakan pencegahan sebelum data privasi Anda dibobol oleh orang lain. Semoga tips di atas bisa kalian terapkan dengan baik sebagai tindakan pencegahan dari pencurian data privasi Anda. Selamat mencoba tips-tips cerdik di atas.

5/5 - (1 vote)