Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android

Cara-memperbaiki-indikator-baterai-di-Android-dengan-mudah
Cara-memperbaiki-indikator-baterai-di-Android-dengan-mudah

cocotsempal.com – Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android Error – Baterai yang sering error di android seringkali menjadi permasalahan yang dihadapi oleh penggunanya. Itu karena, persentase baterai android mungkin akan terjadi drop atau android sering mati sendiri.

Maka dari itu, pentingnya mengetahui cara kalibrasi baterai HP Android itu sangat penting untuk di ketahui. Bisa jadi sewaktu-waktu baterai anda terjadi error karena sudah terlalu lama digunakan.

Salah satu error yang sering terjadi yaitu pada indikator baterai. Tapi tenang, disini akan dibahas cara memperbaiki indikator baterai android error dengan mudah kok.

Contoh kasus, misalnya baterai android anda 70% namun sebenarnya pada saat dipakai hanya berasa 30% saja. Dampaknya, hp android tiba tiba mati sendiri di saat indikator baterai belum menunjukan baterai tersebut benar-benar habis.

Apalagi hp android anda jika sudah terlalu lama digunakan akan lebih rentan terhadap indikator baterai android error, ini menyebabkan tidak bisa menunjukan persentase berapa baterai yang anda punya sesungguhnya.

Nah, Fungsi dari kalibrasi ini adalah untuk mengatur ulang persentase pada baterai android tersebut agar menampilkan data yang lebih akurat lagi sebagaimana semestinya. Simak lebih lanjut untuk mengetahui Caranya.

Penyebab dari Rusaknya Indikator Baterai Android

Sebelum membahas cara memperbaiki indikator baterai android error, anda harus mengetahui penyebab dari error tersebut dan apa saja faktor yang menyebabkan baterai tiba-tiba habis. Sehingga anda dapat mencegahnya ketika anda sudah memiliki ponsel android baru.

Karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Berikut keadaan yang dapat menyebabkan rusaknya indikator baterai android anda :

  • Drain Baterai : Kondisi ini adalah keadaan dimana daya baterai pada android anda tiba-tiba berkurang sangat cepat, Meskipun ponsel anda jarang digunakan. Biasanya, jarak baterai habis ketika sudah selesai di charge hanya 20-60 menit saja.
  • Baterai Kembung : kondisi ini adalah keadaan dimana daya baterai selalu menerima daya yang berlebihan. Sehingga bentuk asli dari fisik baterai atau kondisi baterai anda akan berubah menjadi kembung atau membesar. Biasanya ini terjadi karena anda terlalu sering mengabaikan ketika hp sedang di charge, sehingga membiarkan baterai full terlalu lama dan menyebabkan hal ini terjadi.

Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android Error

Perlu diketahui, pada intinya cara kalibrasi baterai hp android ini lakukan agar mengembalikan pembacaan indikator baterai yang tidak normal tersebut menjadi seperti keadaan semulanya.

Anda harus mencegah terjadinya indikator baterai android error seperti 2 penyebab diatas, tapi jika sudah terjadi berikut adalah 6 cara memperbaiki indikator baterai android error dengan cepat dan mudah. Cara ini bisa dilakukan pada ponsel android yang di root maupun belum di root ya.

Berikut langkah-langkah nya :

Cara Kalibrasi Baterai HP Android dengan Aplikasi

Cara yang pertama diawali dengan cara memperbaiki dan melakukan kalibrasi baterai hp android dengan menggunakan aplikasi. Cara nya cukup mudah kok, simak caranya sebagai berikut :

  1. Pertama, masuk ke Google Play Store yang ada di ponsel anda.
  2. Kemudian pada kolom pencarian ketikan Battery Calibration lalu install aplikasi tersebut.
  3. Setelah sudah selesai di install, masuk ke dalam aplikasi nya.
  4. Aplikasi tersebut biasanya akan meminta izin aplikasi, klik Allow. (Jika diminta)
  5. Setelah itu, lakukan pengecasan sampai penuh 100%.
  6. Jika sudah penuh, masuk ke aplikasi dan klik Calibrate. lalu cabut kabel cas anda.

Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk melakukan kalibrasi baterai android yang telah di sediakan oleh Google Play Store, anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan yang paling gampang disana.

Cara Kalibrasi Baterai HP Android dengan Aplikasi [ROOT]

Nah cara yang kedua ini khusus jika ponsel android anda sudah di root ya. Sebenarnya, cara nya masih mirip-mirip dengan cara diatas namun hanya berbeda aplikasi penggunaannya.

Berikut Langkah-langkahnya :

  1. Pertama, masuk ke Google Play Store yang ada di ponsel anda.
  2. Kemudian cari dan install aplikasi bernama NoAd Battery Calibrator [ROOT].
  3. Jika sudah di install, buka aplikasi tersebut.
  4. Cas baterai hp anda untuk melakukan kalibrasi, tunggu sampai indikator menunjukan angka 100%.
  5. Tap atau klik menu Calibrate setelah itu cabut kabel charger anda.

Aplikasi ini cocok sekali untuk anda yang baru saja menginstall Custom Rom atau melakukan flash di android anda tapi keadaan sudah di root.

Dan sebelumnya pastikan anda sudah memberi ijin akses root tersebut ke aplikasinya (Jika diminta) ya.

Cara Kalibrasi Baterai HP Android tanpa Aplikasi

Cara yang ketiga mungkin rada rumit untuk dilakukan, tapi pada saat mencoba tidak serumit itu kok. Berikut cara kalibrasi baterai android tanpa aplikasi dengan mudah.

Langkah-langkahnya :

  1. Pertama, pakai ponsel android anda sampai baterai benar-benar habis total dan HP mati sendiri.
  2. Setelah itu, nyalakan HP Android hanya untuk memancing. Maka hp anda akan mati sendiri lagi karena daya yang digunakan tidak cukup.
  3. Pada saat hp android anda mati tersebut, pasang kabel charger dan cas sampai penuh menunjukan indikator 100%.
  4. Setelah baterai sudah dipastikan penuh, nyalakan hp anda dan habiskan baterai anda lagi sampai HP benar-benar mati sendiri lagi.
  5. Dan lakukan cas lagi pada ponsel anda sampai indikator baterai menunjukan 100%.
  6. Jika sudah penuh, nyalakan hp anda dan baterai pun sudah berhasil di kalibrasi.

Karena cara ini dilakukan secara manual tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun, maka cara ini bisa digunakan ke semua jenis merk HP mana pun. Tapi, cara ini memang memakan lebih banyak waktu dari pada kedua cara diatas.

Agar anda bisa menghemat waktu dengan cara ini, pastikan ponsel anda bekerja terus menerus sampai baterai habis total. Misalnya bermain game, youtube dan lainnya.

Cara Kalibrasi Baterai HP Android melalui Recovery Mode [ROOT]

Untuk cara ini, dilakukan khusus lewat recovery mode. Jadi pastikan ponsel android anda sudah dalam kondisi root dan sudah terinstall recovery-nya.

Langkah-langkahnya :

  1. Pertama, matikan ponsel android anda.
  2. Setelah itu, masuk ke dalam mode recovery dengan cara menekan tombol Power + Volume atas atau Bawah. (Setiap tipe android biasanya berbeda, bisa juga tekan keduanya)
  3. Jika sudah masuk, pilih menu Advance Section kemudian pilih opsi Hapus Statistik Baterai Android atau Wipe Battery Stats.
  4. Tunggu sampai proses selesai.
  5. Setelah itu nyalakan ponsel anda dan pakai sampai baterai-nya habis total.
  6. Jika sudah mati karena baterai habis, maka lakukan cas lagi sampai benar-benar penuh 100%.

Pada dasarnya, pada ponsel android anda sebenarnya menyimpan file yang berfungsi untuk mengingat status baterai anda.

Nah, pada cara kalibari baterai hp android melalui recovery mode ini anda menghapus file tersebut. Maka secara otomatis indikator baterai anda akan di reset seperti semula. Dan hasil kalibrasi pun akan lebih akurat.

Mengganti Custom Rom yang Digunakan [ROOT]

Pada beberapa kasus, biasanya indikator baterai android error disebabkan karena penggunaan custom rom yang abal-abal alias bukan resmi dari developer ponsel yang anda gunakan tersebut.

Misalnya, Xiaomi dengan Miui dan Oppo dengan ColorOS. Jika terjadi indikator baterai error nya disebabkan oleh custom rom tersebut. Maka saran dari saya adalah mengganti custom rom anda dengan yang resmi.

Melakukan Pergantian Baterai

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah cara pasrah. Kenapa pasrah? itu berarti baterai pada ponsel android anda benar-benar sudah tidak bisa di kalibrasi lagi.

Maka sebuah saran dari saya adalah mengganti baterai ponsel android anda dengan yang baru. Pastikan anda membeli baterai yang original ya.

Penutup

Demikianlah artikel dari Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android Error terbaru, Penyebab dan melakukan kalibrasi pada indikator baterai dapat membantu anda mencegah permasalahan error pada indikator baterai android anda.

Untuk melakukan kalibrasi tidak perlu terlalu sering dilakukan, lakukan pada saat anda diperlukan saja. Misalnya pada saat hp baterai tanam mati total tiba-tiba atau pada saat baterai 30% mati sendiri.

Semoga dengan adanya cara ini anda bisa terbantu mengatasi indikator baterai android yang error.

Sekian,

5/5 - (1 vote)