Cara Buat Surat Keterangan Usaha di Kelurahan

Cara-membuat-surat-keterangan-usaha-baru-di-kelurahan
Cara-membuat-surat-keterangan-usaha-baru-di-kelurahan

tips dan trik Cara Buat Surat Keterangan Usaha di Kelurahan terbaru – Membuat Usaha Baru tentunya membutuhkan surat keterangan buka usaha baru di kelurahan untuk mensuport usaha baru yang anda kembangkan di kawasan lingkungan anda.

Tips dan Trik Cara Membuat Surat Keterangan Usaha Baru di Kelurahan ini mungkin bisa bermanfaat buat kalian yang pingin buka usaha baru di lingkungan tempat tinggal anda tentunya secara legal secara hukum gays.

Saya sekarang ini memanglah belum punyai toko / usaha tetapi saya punyai pengalaman mengurusi Surat Info Usaha ( SKU )di Kelurahan..Koq dapat??? jadi saya pernah tolong orangtua saya untuk urus SKU itu dengan memakai nama saya atas toko mereka.

Awalannya saya agak pesimis karena jika sudah masalah surat menyurat di kelurahan tentu repot dan lain-lain..tp coba saya lalui pelan2..

SKU cuma bs diurusi satu tingkat kelurahan atau kecamatan saja…tidak ada SKU yang dikeluarkan oleh RT..tetapi tidak berarti kita tak perlu data dari RT…malah pada awalnya kita harus ke RT untuk dibuatkan surat pengantar..

saat usaha menjumpai RT rasanya sedikit susah karena RT sendiri tiap hari kerja benar ada pekerjaan lain, kedudukan RT sebetulnya cuma dedikasi saja hingga mereka cuma dapat layani saat mereka telah di dalam rumah atau telah malam sekalinya.

terkadang saat ke sana Pak RT sedang sholat atau tidak sedang di dalam rumah hingga terkadang kita harus bolak-balik..

Cara-membuat-surat-keterangan-usaha-baru-di-kelurahan
Cara-membuat-surat-keterangan-usaha-baru-di-kelurahan

Ketika telah sukses berjumpa RT dan sampaikan arah khusus kita ialah meminta dibuatkan SKU karena itu Pak RT akan bertanya usaha apa ni?? apa lagi permohonannya ialah atas nama ku dan Pak RT tahunya yang ada toko orangtua ku..Saya jawab jika usaha yang diartikan ialah toko orangtua ku.

bukan usaha yang baru..dan memang orangtua ku telah membuka toko berpuluh tahun pasti tidak susah untuk meminta surat pengantar ini..karena terang Pak RT tahu memang betul orangtua ku telah membuka toko.

Anjuran untuk kalian yang ingin apply pengantar SKU ke RT ialah saat awalnya anda membuka usaha anda harus melapor ke Pak RT hingga bisa dipermudahkan saat ingin urus SKU..karena Pak RT sudah tahu anda membuka usaha..

Ngobrol2 dengan RT, sekalian dibuatkan surat pengantarnya, Pak RT menjelaskan jika arah dibuatkan surat pengantar ialah karena sebagai RT pasti mereka ialah yang terdekat dengan masyarakat dan tahu benar kondisi masyarakatnya..bahkan juga mengenal masyarakat lama dan masyarakat baru..mereka tidak asal-asalan memberi surat penganta

karena SKU umumnya dipakai untuk minta utang credit ke bank atau untuk masalah yang lain..dicemaskan teroris menyaru jadi masyarakat baru ingin membuat SKU lalu pinjam uang ke bank lalu dipakai untuk aktivitas teroris..jadi saat ini telah lebih ketat..

Sesudah memperoleh surat pengantar, saya memberi amplop ke RT sejumlah Rp 10.000 saja,,,sebetulnya RT nya tidak meminta tetapi saya inisitif memberi saja..surat pengantar ini harus di tanda-tangan RW juga..karena itu kami cari RW untuk meminta ACC nya.

tetapi sama dengan RT, untuk menjumpai RW kami harus bolak balik karena argumen yang serupa..saat ke RW, saya harus menyertakan foto copy KK ( kartu keluarga ) dan foto copy KTP..untuk RW kami beri Rp 10.000 untuk uang kas..menurut RT memang umum berada ongkos yang dimasukkan pada uang kas RW..

Surat pengantar berikut yang dibawa ke kelurahan untuk meminta dibuatkan SKU..document yang perlu dibawa ke kelurahan ialah :

  1. surat pengantar menembus RT dan RW
  2. foto copy KK
  3. foto copy KTP
  4. materai 6000 ( 1 biji)

Kelurahan membuka di jam kerja karena itu untuk urus SKU saya harus cuti 1/2 hari di kantor..sesampai di kelurahan, saya diberi “surat pengakuan buka usaha” yang datanya harus saya isi dan di tanda-tangan di atas materai..sesudah ditanda tangan harus dipotretcopy..

menurut pengalaman saya ini, SKU jadi pada hari yang serupa..benar-benar cepat..memang ini telah Zaman Jokowi sich..kemungkinan telah banyak peralihan, ini mah menurut ku saja.

saya tidak dapat bandingkan karena saat Zaman saat sebelum Jokowi, saya tidak pernah coba urus2 surat ini..tetapi ada yang belum berbeda ada ialah mekanisme bayar..untuk pembikinan SKU ini dikenai ongkos Rp 25.000 dan tanpa tanda terima..jika memang ongkos harus ada semestinya ada tanda terima,,karena itu bisa saja ini ialah pungutan liar (pungli )..semestinya pengurusan surat semacam ini gratis karena ini wujud servis warga..

Mudah-mudahan tips dan trik seputar Cara Buat surat keterangan usaha baru di kelurahan ini dapat bermanfaat untuk kalian yang hendak mengurusi SKU baru.

5/5 - (1 vote)